Ikhtiar PCNU Situbondo Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Via Kelompok Tani Hutan

Sambutan baik kunjungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ke Kantor PCNU Situbondo sebagai salah satu upaya mempercepat proses perbaikan dalam pemberdayaan masyarakat, khususnya Kelompok Tani Hutan (KTH) agar terbangun nilai-nilai kelompok, misalnya kegotongroyongan, kebersamaan, kerja sama, dan tanggung renteg dalam rangka mewujudkan tujuan kelompok dan pembelajaran bersama yang dihadiri oleh 90 orang dari KTH, kepala desa, dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur, Kamis (1/6/2023).

Pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan kawasan konservasi melalui kelembagaan KTH guna mewujudkan masyarakat yang mandiri melalui pemberian kewenangan/hak/akses sebagai pelaku utama dalam berbagai model pengelolaan kawasan, pengembangan daerah penyangga melalui ekowisata, pemanfaatan hasil hutan bukan kayu (HHBK), jasa lingkungan, air, patroli kawasan, penjagaan kawasan, restorasi kawasan, pengendalian kebakaran, budidaya dan penangkaran satwa, penanggulangan konflik satwa, pencegahan perburuan dan perdagangan satwa.

Antusias peserta menyimak Sosialisasi KTH oleh Kementerian LHK RI

Ketua PCNU Situbondo, Dr. KH. A. Muhyiddin khotib, M.H.I., mengatakan bahwa mendasari kemaslahatan umat atas Program Perhutanan Sosial yang dicanangkan dengan bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan, mengurangi deforestasi dan mengakhiri konflik lahan hutan dengan memberikan peluang bagi masyarakat lokal mengelola hutannya sendiri, dan mengembangkan penghidupan berkelanjutan di dalam dan sekitar hutan.

“Masih rendahnya posisi tawar petani terhadap penentu kebijakan publik dan dunia usaha, maka PCNU Situbondo hadir agar petani yang tergabung di KTH terdapat kesamaan kepentingan, tujuan, perasaan, kemauan, nilai, kebiasaan, motivasi, sikap, keyakinan dan harapan guna terciptanya optimalisasi pemanfaat sumber daya guna memberikan manfaat bagi anggota/pelaku bisnis pertanian/hasil hutan, yaitu KTH, “pungkasnya.

Pemberian Cinderamata BMT NU Jatim ke PCNU Situbondo

Usai menerima kunjungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, PCNU Situbondo menerima cinderamata dari BMT NU Jawa Timur atas berdirinya 100 Cabang BMT NU pada 100 Tahun Nahdlatul Ulama yang diberikan oleh H. Wafi selaku Manager Area Situbondo mewakili Dirut BMT NU Jawa Timur H. Masyudi Kanzillah, S.Ag. kepada Ketua PCNU Situbondo Dr. KH. A. Muhyiddin khotib, M.H.I. (hj)

spot_img

Related Articles

Gelar Isbat Nikah, Inisiatif PCNU Situbondo Untuk Kemaslahatan Keluarga

Program Sidang Isbat Nikah Terpadu berlangsung selama satu hari di Kantor PCNU Situbondo merupakan program Pengadilan Agama Kabupaten Situbondo dan...
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Situbondo menggelarTadarus Pesantren dengan leading sector Rabithah Ma’ahidIslamiyah (RMI) ke beberapa pondok pesantren di KabupatenSitubondo...
Dalam frasa Membangun Peradaban, PCNU Situbondo menggandeng Universitas Terbuka Daerah Jember mengadakan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Peningkatan Kompetensi...